MPOIN | Tangki Air, Tandon Air, Toren, Pipa PVC

View Original

Tips Cara Memilih Tangki Air yang Bagus dan Tahan Lama

Tangki Air Bagus dan Tahan Lama, berikut cara memilihnya:

Hallo sahabat MPOIN, kali ini kami akan membagikan cara atau tips memilih tangki air yang bagus dan awet, agar tahan lama. Seperti yang kita ketahui air adalah kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Dengan menggunakan tangki / tandon air sangat membantu untuk menampung air dengan skala besar agar air bisa digunakan dikemudian hari.

Terlebih lagi rumah tangga, manfaat tandon air untuk rumah tangga sangatlah banyak. Namun pertanyaannya, sampai kapan tandon air yang anda gunakan dapat bertahan?. Jawabannya adalah tergantung kualitas tandon air itu sendiri. Maka dari itu di sini lah pentingnya cara memilih tangki air yang bagus dan tahan lama. Sebelum itu, kita harus menjawab definisi dari tangki air.

Apa itu Tangki Air? Tangki air adalah wadah untuk menyimpan air. Tangki air merupakan wadah penyimpanan air pilihan masyarakat Indonesia di rumah mereka, umumnya tangki tersebut ditaruh diatas atap rumah dan/atau dipendam di bawah tanah.

Seperti yang disebutkan di atas, toren / tandon air atau water tank berfungsi untuk menampung air dalam skala tertentu guna untuk menyimpan supply air lebih banyak. Dari segi ukuran tandon/toren air memiliki ukuran yang sangat bervarisi, mulai dari yang terkecil ukuran 250 liter hingga yang terbesar 11000 liter. Jadi dalam tips cara memilih tangki air ini, mengenai ukuran tandon air yang akan anda pilih, hal tersebut sangat lah relatif, anda hanya perlu menyesuaikan sesuai kebutuhan anda. Untuk kebutuhan rumah tangga, anda bisa membaca artikel kami yaitu cara menentukan ukuran tangki air terbaik untuk rumah tangga. Baik, kembali ke topik awal, sebelum mentukan merk tangki air terbaik alangkah baiknya anda mengikuti tips memilih tandon air dari kami berikut ini.

1. Menentukan Jenis Toren/Tangki Air

Tips memilih tangki air yang pertama adalah dengan menentukan jenis toren air yang akan anda gunakan. Dengan memilih toren air yang akan anda pilih akan lebih mudah untuk memperkirakan budget. Ada banyak sekali macam dan jenis tandon air yang beredar di pasar indonesia. Namun secara garis besar toren air dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu: toren air Fibreglass, Stainless Steel, Plastik PE (Polyethylene).

A. Toren air fiberglass

Tandon atau toren air fiberglass adalah toren air yang terbuat dari bahan FRP sehingga bentuknya lebih keras dibandingkan tandon air merk lain. Namun memilih tangki air fiberglass berati anda siap menghadapi kekurangan yang dimiliki jenis tangki ini, seperti:

  • Rentan terhadap benturan dan dinding tangki mudah retak.

  • Tidak tahan terhadap UV dan oksidasi bila terjemur sinar matahari

  • Biaya perawatan relatif mahal.

  • Bagian dinding yang keropos sulit diperbaiki.

B. Tandon air Stainless Steel

Jenis tandon air yang selanjutnya adalah tandon air Stainless Steel adalah tandon air yang dibuat dengan menggunakan bahan SS 304. Sehingga memiliki keunggulan yaitu: Tidak tembus sinar matahari, sehingga tangki anti lumut, dan Bentuknya terkesan mewah, elegan, dan eksklusif. Namun dengan memilih tangki air ini, anda akan menghadapi masalah seperti:

  • Daya tahan terhadap cairan kimia terbatas.

  • Mudah korosi atau karatan .

  • Hanya untuk penyimpanan air bersih atau PAM, karena air tanah mengandung asam yang dapat menyebabkan karat.

  • Biaya perbaikan sangat mahal.

  • Kebocoran di dinding sulit diperbaiki atau ditambal

C. Tangki air Plastik

Tangki air plastik adalah jenis tandon air paling umum digunakan di Indonesia. Karena rata-rata tandon air ini paling banyak diproduksi dan diedarkan di pasar. Memilih jenis toren air ini adalah pilihan tepat jika anda tidak mempedulikan tampilan luarnya. kentungannya dari toren air ini adalah bahannya elastis sehingga tahan benturan. Namun memiliki beberapa kekurangan yaitu:

  • Biasanya tembus cahaya

  • Terlihat murahan.

2. Ketahui Kebutuhan Kapasitas Tangki Air

Selain memilih jenis tangki air yang akan digunakan, cara memilih tangki air selanjutnya adalah menentukan kapasitas toren air yang akan dibutuhan. Hal ini juga sangat penting karena kapasitas toren air yang anda pilih akan lebih tepat sasaran. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar juga. Jangan sampai jika untuk skala rumah tangga anda memilih toren air yang ukuran paling besar. Hal ini juga perlu diketahui karena besar kecil ukuran kapasitas tangki air sangat mempengaruhi harganya.

3. Pahami Luas Area/Ruang Anda

Cara memilih tangki air selanjutnya adalah mensinkronkan luas area/ruang anda dengan ukuran tandon air yang akan anda beli. Amatilah luas ruang atau area anda, guna sebagai tempat meletakkan tandon air anda nanti. Hal ini bertujuan membantu anda nanti dalam pemasangan tandon airnya. 

4. Mencari Info Harga Tandon Air

Setelah tips 1 sampai ke 3 sudah oke, tips cara memilih tangki air selanjutnya adalah mencari informasi mengenai harga tandon air yang akan dibeli. Karena harga juga akan sangat berpengaruh pada niat anda sebelum membeli tandon air. Misalnya saja anda sudah memilih tandon air yang sangat cocok dengan kebutuhan anda. Akan tetapi setelah anda banyak mencari tahu info harga tangki air yang akan anda beli tersebut, ternyata harga tandon air bagi anda terlalu mahal. Tentu saja anda akan mulai berpikir ulang untuk membelinya lagi.

5. Merek Tangki Air

Sebagian orang, dalam cara memilih tangki air akan melihat merek tangki airnya terlebih dahulu. Karena bagi sebagian orang merek tandon air mencerminkan kualitasnya. Namun bagaimana jika anda selaku calon pembeli tandon air namun tidak memiliki referensi yang cukup mengenai merk tangki air yang bagus di indonesia?. 

Tenang, dan jangan khawatir...kami memiliki rekomendasi merk tangki air yang bagus untuk anda, yaitu: tangki air MPOIN PLUS. Kami menyarankan anda tandon air MPOIN PLUS karena kualitasnya sudah benar-benar teruji dengan ketahanan luar biasa. karena tangki air MPOIN ini dilapisi dengan 3 lapisan yang memperkuat durabilitasnya. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat video di bawah ini tentang tes kekuatan toren air MPOIN.

Video tes kekuatan Tangki Air MPOIN

MPOIN adalah sebuah merek tandon air kami yang sudah dikenal di seluruh Indonesia. Jadi dapat dipastikan brand kami ini bukan merek tandon air abal-abal. Dan diproduksi oleh Perusahaan yang jelas yaitu PT. Bangun Indopralon Sukses yang menekuni produksi tangki sejak tahun 1984. Dan kami juga sudah mengarungi standar SNI dari pemerintah indonesia.

Berapa Harga Toren Air MPOIN?

Memilih toren / tangki air MPOIN adalah solusi tepat untuk anda. Anda akan dimanjakan dengan kualitas bahan yang super premium, dengan build quality yang bagus, dan teknologi terbaru sehingga membuat tangki air anti pecah, anti lumut, dan anti bakteri. Dan dari segi warna tandon air MPOIN, sudah kami design berwarna hitam sehingga tidak tembus cahaya. Dan pewarnaannya pun juga tidak menggunakan cat biasa, melainkan menggunakan pigmen, sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah luntur. Namun kami juga sangat memperhatikan pasar indonesia. Kami membandrol harga yang sangat terjangkau untuk masyarakat indonesia. untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami di live chat atau whatsapp kami.

Kesimpulan:

Kesimpulan dari tips cara memilih tangki air di atas adalah sebelum anda memilih tangki yang akan anda beli, sebaiknya anda perhatikan step by step tips cara memilih tangki air yang kami berikan di atas. mulai dari menentukan jenis tangki air yang digunakan, mengetahui kapasitas tang yang dibutuhkan, memperhatikan area lokasi, harga dan merek tangki airnya.

Tips memilih tangki air dari kami di atas bertujuan untuk membantu anda untuk menemukan tandon air yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda mencari tangki air anti lumut, pecah, dan bakteri, Kami sangat merekomendasikan anda untuk memilih MPOIN sebagai produk pilihan anda. Karena sudah terbukti kualitasnya, mampu bertahan dari tes ektreme, sudah berbahan antimicrobial silver ion, dan sudah mengantongi SNI. Dan juga tersedia berbagai macam ukuran yang tersedia. Silahkan download Brosur Kami.

Demikian sedikit tips memilih tangki air yang bagus dan tahan lama dari kami. Semoga dapat membantu anda dalam mentukan pilihan anda dalam memilih tandon air. Silahkan anda share artikel ini jika menurut anda artikel kami ini bermanfaat.