MPOIN | Tangki Air, Tandon Air, Toren, Pipa PVC

View Original

Tips Aman Bepergian Di Tengah Wabah Covid-19

Wabah Virus (Covid-19) di Indonesia terus menunjukkan peningkatan kasus yang signifikan. Jumlah korban yang terinfeksi bahkan meninggal bertambah.

Untuk menangani virus corona ini dilangsungkan Rapat koordinasi Forkopimda Provinsi Jawa Timur bersama Forpimda Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo yang dihelat di Gedung Grahadi, Minggu (19/4/2020), menghasilkan satu keputusan strategis, yaitu penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk tiga kawasan yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo.

Keputusan bersama itu diambil setelah dilakukan rapat tertutup yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Kasdam V Brawijaya, Wagub Jatim  dan Sekdaprov, yang juga menghadirkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin dan Plt Sekda Kabupaten Gresik Nadlif.

Lantas bagaimana kalau seorang pedagang yang setiap hari jualan keliling, kamu yang setiap hari bekerja ke kantor ataupun jika kamu sudah punya rencana perjalanan ke luar negeri? Jangan panik, kamu masih bisa melakukan perjalanan asal tetap menjaga kesehatan.

Berikut ini Mpoin kasih tips bepergian di tengah wabah COVID-19 dan cara agar tetap aman dan tercegah dari virus corona.

1. Pergi Hanya Jika Sehat 

Pastikan kondisimu sehat sebelum bepergian. Kalau bisa selalu cek seminggu sekali ke dokter dan jangan lupa minum multivitamin agar tetap bugar mulai sekarang.

2. Menggunakan Masker

Saat beraktivitas di luar ruangan kamu disarankan untuk menggunakan masker. Buang masker jika sudah terasa sesak dan jangan gunakan masker lebih dari satu hari.

Bakteri bisa bekembang di dalam masker jika digunakan terlalu lama. Jangan menyentuh bagian luar masker, karena disitu terdapat banyak bakteri. Jika terpaksa menyentuhnya, segera cuci tangan menggunakan sabun. 

3. Hindari Menyentuh Wajah 

Mulai sekarang, hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut, ya. Tangan kamu mungkin saja sudah menyentuh banyak permukaan yang dapat terkontaminasi dan Menular

4. Hindari Berbagi Makanan

Hindari berbagi makanan dengan orang lain, karena ini bisa menjadi salah satu cara penularan virus. Kamu juga disarankan jangan berbagi peralatan makan, seperti gelas dan sendok. Begitupun dengan peralatan mandi, terutama handuk.

5. Menjauh Dari keramaian

Pasti akan sulit menjauh dari keramaian orang, tapi kamu tidak perlu menyendiri kok. Hanya saja, perhatikan jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain terutama jika mereka batuk, bersin, atau terlihat demam.

6. Sering-Sering Mencuci Tangan 

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air atau gunakan antiseptik berbasis alkohol meskipun tanganmu nggak terlihat kotor. Apalagi di tempat keramaian sudah banyak tersebar tangki air anti virus Mpoin yang dapat membunuh virus. Dengan begitu kamu selalu siap menghilangkan virus dan kuman di tangan.

7. Jangan Lupa Berdoa

Setelah menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari hal-hal yang dapat memicu tertularnya virus corona, yang harus kamu lakukan adalah berdoa. Selama perjalanan kamu harus selalu memanjatkan doa untuk memohon perlindungan dari bahaya penyakit berbahaya di mana pun berada.

Baca Juga: Cara Mudah Pantau Sebaran Corona Lewat Radar Covid-19 Real Time Di Jatim