MPOIN | Tangki Air, Tandon Air, Toren, Pipa PVC

View Original

Cara Memasang Tangki Air Paling Mudah

Hallo sahabat MPOIN....Selamat datang kembali, kali ini kami akan membagikan tutorial lagi yaitu cara memasang tangki air MPOIN di rumah. Tutorial pemasangan tangki air ini kami buat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan konsumen kami yang masih bingung tentang cara instalasi tangki air, setelah membeli tangki air MPOIN kami. Namun jangan khawatir tutorial memasang tandon air di rumah ini juga dapat anda ikuti walaupun tandon air anda bukan merk MPOIN. Oke langsung saja ke tips dan cara pemasangan tandon air paling mudah dan cepat berikut ini.

Tutorial cara memasang tangki air di rumah paling mudah dan cepat yang bisa langsung dipraktekkan

Cara instalasi tangki air di rumah memang gampang-gampang susah. Diperlukan beberapa persiapan, keteletian dan pengalaman dalam memasang tangki air. Jika anda sudah pernah membeli dan melakukan instalasi tandon air di rumah maka tutorial memasang tangki air ini tidak lagi anda perlukan. Namun jika anda baru memiliki tangki air, tips cara memasang tandon air di rumah ini akan sangat berguna untuk anda. Sebelumnya kami juga membagikan tips- tips lain seperti: cara memilih tangki air yang bagus, tips membersihkan tangki air, dan cara merawat tangki air. Silahkan anda baca sesuai kebutuhan anda.

Tips Instalasi Pemasangan Tangki Air di Rumah dan Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Cara pemasangan tangki air MPOIN yang pertama adalah dengan mempersiapkan tempat, perlengkapan, dan lain-lain. Meskipun merk tandon air anda tidak sama, tapi cara instalasi tandon air MPOIN di rumah dari kami berikut ini bisa anda praktekkan juga. Sebelumnya anda bisa baca juga postingan kami yang terbaru yaitu manfaat memasang tangki air di rumah, Atau juga cara menentukan ukuran tangki air terbaik untuk rumah tangga. Oke kembali ke topik utama kita, sebelum memasang tangki air, ada beberapa  hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang tangki air di rumah. Berikut adalah tips instalasi pemasangan tangki air beserta hal-hal yang harus anda persiapkan.

Cara Penempatan Tangki Air MPOIN yang Benar

Cara Penempatan Tangki Air MPOIN yang Salah

1. Alas Tangki Air

Cara pemasangan tandon air yang paling sempurna adalah dengan meletakkannya di bidang datar. Dan jangan memilih pondasi yang miring agar tangki air tidak terjatuh. Anda bisa membuatnya dengan pondasi atau beton/papan yang sudah di tata. Tujuan kami sangat menyarankan anda untuk menyediakan alas yang datar untuk meletakkan tandon air adalah untuk jangka panjang. Jangan sampai ada kerikil ata batu yang nanti akan membuat toren air anda bocor. Gunakan sapu untuk membersihkan alas yang akan digunakan tersebut. Sapu sampai bersih jangan biarkan tersisa sama sekali krikil dan batunya.

2. Lebar Pondasi

Persiapan dalam cara pemasangan tandon air yang selanjutnya adalah dengan menyiapkan tempat yang luas dan mumpuni. Coba lihat di sekeliling rumah anda, apakah terdapat area yang cukup luas?. Usahakan alas atau pondasi lebih lebar dari ukuran tandon air minimal 30 cm. Hal ini bertujuan sebagai pengaman dan mencegah tandon air tidak mudah jatuh ke tanah. Terlebih lagi jika anda hendak memasang tangki air anda di tempat tinggi.

3. Kekuatan Alas atau Pondasi

Dalam tutorial pemasangan tangki air anda juga perlu memperhatikan kekuatan alas atau pondasi anda. Mengapa demikian? karena air adalah benda cair yang memiliki beban. Sehingga semakin banyaknya air yang di tampung dalam tandon air besar kemungkinanan pondasi akan menerima beban itu juga.  Perlu anda ketahui setiap 1000 liter air memiliki berat 1 ton, sehingga sangat penting dalam mempertimbangkan pembuatan pondasi yang kokoh agar mampu menahan berat keseluruhan tandon air.

4. Ketinggian Posisi Penempatan Tangki Air

Yang tidak kalah penting selanjutnya dalam pemasangan tangki air adalah penempatan dan ketinggian tangki air. Menagapa demikian posisi ketinggian tangki air sangat mempengaruhi besar kecilnya semburan air yang dihasilkan. Semakin tinggi penempatan tangki air anda, maka semakin besar pula semburan tangki air yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa saran penempatan posisi tangki air.

  • Ketinggian 2-4 meter

Dengan ketinggian seperti ini tekanan dan semburan air yang dihasilkan rendah. Sandat cocok untuk pemakaian ringan. Misalnya hanya untuk mengalirkan air saja sangat cocok untuk anda yang sangat meminimalisir penggunaan air di dalam rumah

  • Ketinggian 4-6 meter

Pada ketinggian ini tekanan yang dihasilkan dikategorikan sedang. Sehingga semburan air yang dihasilkan dapat menjangkau 5 – 6 meter. Dengan ketinggian ini semburan air yang dihasilkan dapat digunakan untuk mencuci motor

  • Ketinggian diatas 7 meter

Dan yang terakhir adalah di atas ketinggian diatas 7 meter. Dengan ketinggian di atas 7 meter tekanan air yang dihasilakn sangat tinggi. Namun dampaknya, pengeluaran air dalam permenit semakin banyak. Dengan demikian pemakaian air anda semakin boros.

5. Pipa Ventilasi

Tips memasang tangki air yang baik dengan adalah dengan memasang pipa ventilasi. Pemasangan pipa ventilasi udara ini sangat penting untuk mengatur sirkulasi udara di dalam tangki air. Semua produk kami memiliki pipa ventilasi udara bertujuan untuk mengurangi tekanan udara dan mengatur sirkulasi udara masuk dan keluar tangki.

6. Water Level Kontrol

Dalam pemasangan tandon air di rumah, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah pemasangan water level konrol atau biasa disebut dengan pelampung. Anda bisa memilih menggunakan pelampung atau tidak. Jika anda memakai pelampung semuanya akan berjalan otomatis mulai dari pengisian maupun pengeluaran air dari pompa air. Namun jika tidak menggunakan, anda akan melakukannya secara serba manual.

Cara Memasang Tangki Air MPOIN 

Setelah semua persiapan selesai kita masuk ke hal teknis, yaitu tutorial cara memasang tangki air MPOIN. Berikut adalah langkah-langkah instalasi tangki air.

  1. Letakkan tandon air pada pondasi/bidang datar yang sudah dibuat

  2. Lakukan pengecekan menggunakan waterpass, untuk mengetahui tingkat kemiringan tangki air

  3. Setelah semua beres silahkan anda pasang ring pengaman dan pastikan terpasang dengan baik

  4. Pasang water control / pelampung anda

Namun apakah cara pemasangan tangki air ini berbeda dengan pemasangan tangki air pendam? Tentu saja tidak, pemasangan tangki air pendam sangat berbeda dengan pemasangan tangki air general sperti ini. Silahkan baca postingan kami terbaru, untuk cara pemasangan tangki air pendam secara detail.

Pemasangan Pompa Air Pada Tangki air

Apakah sudah selesai? Belum...setelah anda mengikuti cara memasang tangki air di atas, selanjutnya anda perlu mengikuti cara memasang pompa air pada tangki air. Perlu diperhatikan bahwa pemasangan pompa air yang salah akan menyebabkan keretakan pada diding tangki air. Untuk lebih jelasnya mengenai pemasangan pompa air silahkan petunjuk gambar di bawah ini.

Cara Pemasangan Pipa Air Pada Tandon Air yang Benar

Cara Pemasangan Pipa Air Pada Tandon Air yang Salah

Tips Pemasangan Pompa Air Pada Tangki Air

  1. Gunakan pompa air sesuai dengan kebutuhan anda.

  2. Letakkan pompa air pada posisi yang mudah untuk diperksa, agar mempermudah anda bila ada masalah dikemudian hari.

  3. Tempatkan pompa air sedekat mungkin dengan sumber air, memperkecil jarak pipa hisap.

  4. Pemasangan pompa air tidak boleh langsung atau dekat dengan outlet tangki.

  5. Gunakan koneksi fleksibel untuk melindungi dinding tangki dari getaran pompa.

  6. Pompa air diikat (dibaut) kuat pada dudukan, untuk menghindari pergerakan dan getaran pompa saat sedang beroperasi.

  7. Kurangi jumlah tikungan dalam sambungan pipa untuk mencegah kebocoran dalam instalasi pipa air dan meminimalkan hambatan tenaga.

  8. Pasang Saringan Pasir (strainer) untuk sumber air yang mudah terhisap kotoran.

Itulah tadi tutorial cara memasang tangki air MPOIN di rumah paling mudah dan cepat beserta tips instalasi pemasangan tandon air yang perlu dilakukan. Semoga artikel cara memasang tandon air dari kami ini dapat membantu anda dan memberikan referensi tutorial memasang tandon air di rumah anda. Silahkan share artikel ini ke teman-teman anda jika menurut anda artikel ini bermanfaat.