MPOIN | Tangki Air, Tandon Air, Toren, Pipa PVC

View Original

Cara memilih Pipa PVC yang benar

PIPA PVC, Pilih Yang Mana?

Pipa PVC apa yang tepat untuk kebutuhan saluran air Anda? Banyaknya pilihan akan membuat anda mudah tertarik karena harga yang lebih murah, tanpa mempertimbangkan penggunaannya. Berbagai macam merek yang tersedia di pasaran dan semua mengaku bahwa pipanya lebih kuat atau lebih terjangkau. Jangan bingung dahulu! Penting untuk anda mengerti dahulu karakterisasi dan kategori pipa air pvc sebelum anda mulai memilih pipa pvc yang cocok untuk anda. Biarkan kami menjelaskan.

Pipa PVC umumnya memiliki tiga kelas yang masing-masing memiliki tujuan yang berbeda, dan pemilihan pipa pvc yang tepat dapat menghindari kesulitan di masa depannya, dan dapat menghemat uang tunai dalam prosesnya.

Pipa Air Kelas AW merupakan pipa yang kelas yang paling atas. Pipa PVC ini dirancang untuk digunakan saluran air bertekanan tinggi, atau saluran yang menggunakan pompa air. Karena tubuhnya yang tebal dan sudah dites untuk kuat menahan tekanan sampai dengan 10kg/cm2. Pipa AW umumnya digunakan sebagai saluran penyediaan air untuk masuk ke rumah tangga seperti air bersih untuk mandi, cuci piring, cuci buah, air untuk kumur sikat gigi, dan pipa AW berguna juga melalui saluran air dari dibawah tanah.

Karena kualitas dan ketebalannya yang lebih baik, pipa pvc berukuran AW cenderung berharga lebih mahal dari semua kelasnya dan tentunya semua yang berkualitas pastinya lebih mahal. Dengan ongkos tinggi itu, kualitas pipanya bisa lebih terbukti dan dipercaya.

Pipa Air Kelas D adalah singkatan dari “Drainage” yang adalah pipa untuk pembuangan air rumah tangga. Ketebalan Pipa PVC kelas D ini secara umum lebih kuat daripada Pipa PVC kelas C, dan biayanya lebih Ringan daripada Pipa PVC kelas AW. Namun, Kami menyarankan kepada para pengguna untuk tidak gunakan pipa kelas D.

Memang melihat harga dan ketahanannya lebih menarik untuk digunakan sebagai substitusi Pipa AW tanpa melihat seberapa kuat tekanan air yang masuk ke dalam rumah. Konsequensi dari menggunakan pipa yang salah akan mengakibatkan pipa bocor yang dapat merusak perabotan penting di dalam rumah.

Penting sekali menggunakan Pipa Kelas D untuk saluran pembuangan saluran pembuangan air rumah tangga atau saluran sederhana yang bertekanan rendah maksimal sampai dengan 5kg/cm2.

Pipa Air Kelas C adalah pipa pvc berkelas paling rendah. Pipa kelas ini memang murah karena dibuat tipis dan tidak kuat menahan tekanan, sehingga umumnya digunakan sebagai pelindung kabel listrik, dan kegunaan perpipaan lain yang tidak bertekanan atau tekanan sangat rendah.

Semoga tips singkat ini membantu anda untuk memilih Pipa PVC Terbaik dengan bijak.